Authentic Fighting Instrument
Search
English
USD
IDR
Cart $ 0.00
http://cdn.hawkeyefightwear.com/news/Mengenal Sejarah & Perbedaan Antara Muay Thai & Kickboxing View Image

Mengenal Sejarah & Perbedaan Antara Muay Thai & Kickboxing

Posted 06:54 PM, 04 May 2017 by Oky Juliansyah

Muay Thai adalah seni beladiri yang berasal dari negara Thailand, Muay Thai menjadi seni beladiri tradisional yang sangat berkembang dan saat ini seni beladiri Muay Thai sudah menyebar keseluruh dunia. Muay Thai diklaim sudah ada sejak 2000 tahun lalu, dari zaman Kerajaan Thai. Dulunya beladiri ini adalah metode pertempuran tangan kosong yang dipakai untuk para Tentara Bangsa Siam setelah telah kehilangan senjanta di medan tempur. Muay Thai terkenal memiliki tradisi yang kental, setiap petarung wajib melakukan Wai Khru atau tarian khas Muay Thai sebelum dimulainya pertandingan. Muay Thai juga memiliki peraturan yang bebas dalam menyerang lawannya, yaitu bisa menyerang dengan tendangan, pukulan, sikut, dan lutut.

Total titik serangan yang dipunyai oleh Muay Thai sebesar delapan titik serangan. Lalu filosofi yang ada dalam beladiri Muay Thai adalah beladiri ini tidak menggunakan senjata, karena beladiri ini memiliki anggapan bahwa tubuh (tulang & daging) adalah senjata, tangan yang memukul seperti anak panah, lengan yang diumpamakan seperti pedang, sikut dan lutut digunakan sebagai kapak dalam peperangan, tulang kering kaki dikondisikan untuk membentur seperti tongkat, dan bekerja seperti tombak.

Pada tahun 1950-an seorang pengusaha Jepang Osamu Noguchi yang tertarik untuk mempelajari Muay Thai membuat film tentang Muay Thai di Thailand. Lalu ia membawafilm tersebut balik ke Jepang untuk di berikan kepada petarungnya. Beberapa tahun kemudian ia membawa para petarungnya ke Thailand dengan metode yang berbeda, yaitu metode beladiri yang digabung dari tiga kategori. Muay Thai, Karate, dan Tinju itu dihadapkan ke petarung Muay Thai di Thailand.

Setelah diperkenalkan di Thailand, Kickboxing kemudian diperkenalkan ke negara-negara Eropa. Beladiri tersebut digabungkan menjadi satu dan dinamakan Kickboxing oleh Noguchi. Dua beladiri ini sekilas terlihat sama tetapi hanya teknik dasarnya saja yang sama dengan Muay Thai. Kickboxing adalah pengembangan dari beladiri Muay Thai karena dicampur dengan karate dan tinju. Lalu perbedaan dari kedua beladiri ini adalah peraturannya, jika di Muay Thai diperbolehkan untuk melakukan low kick, elbow, dan knee. Di Kickboxing tidak diperbolehkan hal itu dan dilarang keras.